WADUK UNDIP PERCANTIK UNDIP

Image

Semarang, (9/6) Waduk Diponegoro yang terletak di Daerah Kampus Undip Tembalang mulai dibangun awal bulan Juni hingga Desember 2013. Selasa (4/6) siang, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Achmad Hermanto Dardak meletakkan batu pertama peresmian waduk Diponegoro. Tujuan dibuatnya waduk ini ialah sebagai penahan air, pengendali banjir, menyuburkan lingkungan, sebagai program riset dan sebagai tempat rekreasi.

Rektor mengatakan bahwa gagasan pembuatan waduk muncul dari ide Prof. Ir. Yoetata Hadi Hardaya, pada tahun 1985. Waduk ini mampu menampung genangan air normal sampai 13.500 meter persegi dengan luas daerah tangkapan air mencapai 10,24 kilometer persegi. Tahap pertama, pembangunan dimulai awal bulan ini hingga Desember 2013 dengan dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebesar Rp 42 miliar.

“Selain sebagai tempat rekreasi di wilayah kampus Undip, waduk ini akan difungsikan sebagai laboratorium Fakultas Teknik Sipil, Kimia maupun Lingkungan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan” ungkap Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Sudharto P. Hadi, MES, PhD, dalam acara peletakkan batu pertama Waduk Diponegoro, selasa siang.

“Pembangunan waduk ini sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan supaya lebih subur serta pengendali banjir dikawasan kampus Undip Tembalang” lanjutnya. Untuk menghindari pencemaran dari air sungai yang masuk, waduk ini akan dilengkapi dengan sistem pengendali limbah sampah terapung.

Mantan Dirjen Bina Marga Departemen PU , Hermanto Dardak meyebutkan “Waduk Diponegoro akan menjadi percontohan dalam mendukung program pemerintah sebagai penahan air meskipun sedikit.” Bapak Hermanto juga berharap banyak masyarakat yang akan menggunakannya sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Semoga dengan adanya waduk, membuat kampus semakin hijau sehingga memfasilitasi program riset dan mendukung center of excellent”, tutur bapak Ketua Umum IKA ITB ini.  Beliau juga menambahkan bahwa upaya pengembangan waduk membutuhkan berbagai sinergi dan kerjasama baik dari sektor industri, pemerintah dan masyarakat.

Pembangunan Waduk Undip ini sangat bagus dan memberikan fungsi yang besar bagi masyarakat. Namun pada pembangunan waduk, perlu diketahui sebagai berikut :

  1. Dalam fungsi waduk yang utama,  sebagai sarana irigasi dan lahan pertanian, fungsi waduk sebagai sarana utama divariasikan fungsinya, yang memberikan kesan apresiasi eksotik. Fokus fungsi dari pembangunan waduk menitikberatkan pada pencegahan banjir dan laboratorium. Tembalang berada di kawasan yang  disebut kota atas  yang merupakan dataran tinggi berupa daerah perbukitan, dengan kemiringan 2 – 40% dan ketinggian antara 90 – 200 M di atas permukaan air laut (DPL) (dari geografi Indonesia), sehingga kecil kemungkinan terjadinya banjir. Maka titik utama pembangunan waduk pada fungsi laboratorium. Pengubahan kurikulum praktikum riset tidak bisa berlangsung instan, namun perlu adanya lokakarya semua dosen dan pihak terkait yang membutuhkan waktu hampir 1 tahun. Besar kemungkinan waduk sementara digunakan sebagai tempat rekreasi.
  2. Kebersihan waduk akan sangat minim bila digunakan sebagai tempat rekreasi, tentunya akan memancing masyarakat untuk menggali berbagai wahana  di kompleks waduk antara lain mainan anak, seperti becak air, perahu dayung dan lainnya. Dimana belum ditetapkan kebijakan kebersihan waduk meskipun dilengkapi dengan sistem pengendali limbah terapung (wahana rekreasi waduk).
  3. Bila tanggul waduk amblas dan waduk jebol, air meluap sampai daerah pemukiman masyarakat dan kampus, efeknya akan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa karena jebolnya tanggul (Jebolnya waduk Pluit, Jakarta).

Diharapkan semua sektor bisa membantu keberjalanan waduk, tidak hanya saat proses pembuatan dan perkembangannya saja, tetapi juga pemugaran dan pemantauannnya. Ini yang disebut manajemen kontrol kawasan waduk. Keberadaan waduk akan sia-sia jika dibiarkan saja, harapannya semua sektor, mahasiswa, dan masyarakat ikut andil dalam memaksimalkan fungsi waduk dan menjaganya bersama. HIDUP MAHASISWA !!(Sugiarti Norvia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s