“Chemoducation” Brand Image Kaos Aplikasi Eksotik Struktur Kimia Goyang Wajah Berbasis Edukasi

A.    JUDUL
“Chemoducation” Brand Image Kaos Aplikasi Eksotik Struktur Kimia Goyang Wajah Berbasis Edukasi.
 
B.     LATAR  BELAKANG MASALAH
Pembelajaran sebagai perwujudan nyata dari proses pendidikan menempati posisi strategis dalam mengupayakan perubahan ke arah  yang lebih baik dari kehidupan manusia. Manusia akan belajar dari pengalaman-pengalamannya maupun pengalaman-pengalaman orang lain untuk mencari solusi dari suatu masalah. Generasi baru yang lahir akan terus terlibat dalam proses transformasi dengan belajar pada generasi sebelumnya serta mengupayakan kondisi yang lebih baik dibanding masa sebelumnya. Oleh karena itulah pendidikan menjadi komponen kehidupan yang mutlak adanya.
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah metode yang digunakan saat proses pembelajaran. Saat ini sudah banyak dikembangkan metode pembelajaran visual. Sesuai namanya, metode pembelajaran visual menggunakan media ajar yang dapat menstimulus memori para pembelajar melalui visualisasi, seperti gambar, video, dan miniatur.
Visual adalah apa yang dapat dilihat, sehingga semua hal yang dapat dilihat masuk kategori visual. Tentu saja ini berlaku untuk orang yang secara normal dapat melihat. Pada taraf melihat, pemahaman terkait hal yang dilihat tidak serta merta akan mengikuti. Untuk mencapai pemahaman maka orang harus meresapkan apa yang dilihatnya ke otak sekaligus mengkaitkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Murti Kusuma dalam kajiannya yang berjudul Komunikasi Visual menyatakan komunikasi visual sangat efektif. Efektivitas sejumlah indera untuk menerima rangsangan yakni sebagai berikut: indera penglihatan sebesar 83%, indera pendengaran 11%, indera penciuman sebesar 3,5%, indera peraba sebesar 1,5%, indera perasa sebesar 1%.
Efektivitas indera penglihatan dalam menerima rangsangan sesuai penjelasan di atas yang mendorong kelompok kami untuk menciptakan sebuah media pembelajaran visual yang berbasis komersil guna mengenalkan senyawa-senyawa kimia secara kreatif dan inovatif. Media visual sebagai pengenalan senyawa-senyawa kimia yang akan kami komersilkan berupa kaos aplikasi struktur kimia dari senyawa tersebut yang disertai penjelasan singkatnya.
Senyawa kimia adalah zat kimia murni yang terdiri dari dua atau beberapa unsur. Senyawa dapat wujud dalam beberapa fase. Kebanyakan senyawa berupa zat padat. Semua senyawa akan terurai menjadi senyawa yang lebih kecil atau atom individual bila dipanaskan sampai suhu tertentu (yang disebut suhu penguraian). Setiap senyawa kimia memiliki struktur kimia yang dapat menggambarkan hubungan antarunsur penyusun senyawa tersebut.
Ada stereotype di masyarakat yang mengaitkan tentang kedekatan senyawa kimia dengan pembuatan bom yang sampai sekarang masih menjadi isu menahun. Padahal jika ditinjau dari segi keilmuan, senyawa-senyawa kimia itu bukan hanya terkait dengan pembuatan bom saja. Senyawa-senyawa kimia justru banyak ditemukan di lingkungan sekitar, mulai dari senyawa bermanfaat sampai senyawa berbahaya. Contoh senyawa kimia yang bermanfaat adalah air (H2O), garam dapur (NaCl), alkil benzena sulfonat yang terkandung di detergen, dan masih banyak lainnya. Sedangkan contoh senyawa kimia yang bahaya bagi manusia namun banyak dijumpai adalah siklamat. Siklamat adalah bubuk kristal putih, tidak berbau dan kira-kira 30 kali lebih manis dari pada gula tebu (dengan kadar siklamat kira-kira 0,17%). Bilamana kadar larutan dinaikkan sampai dengan 0,5%, maka akan terasa getir dan pahit. Siklamat dengan kadar 200 mg per ml dalam medium biakan sel leukosit dan monolayer manusia (in vitro) dapat mengakibatkan kromosom sel-sel tersebut pecah. 
Kami berharap ide ini dapat menjadi gebrakan baru di dunia pendidikan Indonesia dan masyarakat tahu senyawa-senyawa kimia mana saja yang baik bagi tubuh maupun lingkungan. Jika masyarakat dapat membedakan antara senyawa-senyawa kimia yang baik maupun yang berbahaya, kami berharap mereka dapat selektif dalam memilih barang-barang yang mengandung bahan-bahan kimia.
 
C.    PERUMUSAN MASALAH
Saat ini berbagai macam pakaian sudah banyak di masyarakat, mulai dari kreatifitas bahan maupun bentuk. Tapi sejauh ini belum ada yang menampilkandesain struktur senyawa kimia yang unik dengan kesan eksotik dan lucu sebagai aplikasi tempelan penghias kaos. Senyawa kimia yang dimata masyarakat memiliki struktur sangat rumit dan menjenuhkanternyata bisa bernilai menjadi brand image yang unik dan kreatif sehingga memberikan nilai tambah produk sandang di masyarakat.
 
D.    TUJUAN
Tujuan umum kegiatan PKM Kewirausahaan ini adalah menghasilkan usaha pembuatan kaos aplikasi dengan menggunakan desain struktur kimia goyang wajah. Tujuan ini dapat dijabarkan secara khusus sebagai berikut:
1.      Mengembangkan jiwa wirausaha sekreatif mungkin pada pembuatan kaos dengan hiasanaplikasi tempelan berdesain struktur kimia goyang wajah.
2.      Mengenalkan struktur kimia dengan gambar goyang wajah yang unik dan lucu sebagai brand image kepada masyarakat sebagai media edukasi sehingga nantinya masyarakat lebih selektif dalam memilih barang yang mengandung bahan-bahan kimia.
 
E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.      Usaha kaos dengan hiasan aplikasi tempelan berdesain struktur kimia goyang wajah ini dapat berkembang di tingkat regional, nasional, bahkan sampai tingkat internasional.
2.      Produk kaos dengan hiasan aplikasi tempelan berdesain struktur kimia goyang wajah diminati semua kalangan.
3.      Menghasilkan kemasan produk yang kreatif, inovatif, berkualitas tinggi, dan berseni dengan harga terjangkau.
 
F.     KEGUNAAN
1.      Mengenalkan struktur kimia dengan gambar goyang wajah yang unik dan lucu sebagai brand image kepada masyarakat.
2.      Mendukung upaya pemerintah untuk memberikan edukasi dengan sarana unik.
3.      Memberikan semangat untuk mengembangkan jiwa entrepreneurmahasiswa.
 
G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
G. 1. Deskripsi Produk
G. 1.1 Keunggulan dan Keunikan Produk
Program kegiatan PKM-K kaos aplikasi eksotik struktur kimia goyang wajah berbasis edukasi ini pada tahap realisasinya akan kami beri nama“Chemoducation. Goyang wajah  adalah sebutan untuk desain ekspresi wajah pada aplikasi tempelan kaos “Chemoducation”
 

  

Gambar 1. Contoh Desain Aplikasi Tempelan Kaosdengan
                        Brand ImageStrukturKimia Goyang Wajah “Chemoducation
 
          Produksi kaos dengan aplikasi tempelan berdesain senyawa yang kami tawarkan memiliki keungulan dibanding kaos yang lain, antara lain:
1.      Diferensiasi produk dan belum ada usaha yang sejenis.
2.      Produk yang unik, yaitu adanya hiasan kaos berupa aplikasi tempelan berbahan katun yang diisi dakron sehingga memiliki kesan 3 dimensi.
3.      Produk yang dihasilkan memiliki inovasi berupa penambahan desain ekspresi lucu.
4.      Produk yang dihasilkan tidak monoton, artinya pembeli bisamemilih struktur kimia, warnaaplikasi tempelan dan desain goyang wajah yang diinginkan.

 

 

  

Gambar 2. Macam-Macam Bentuk Mata
pada Ekspresi Goyang Wajah

 

 

  

Gambar 3. Macam-Macam Bentuk Mulut
pada Ekspresi Goyang Wajah
1.      Pada bagian belakang kaos ada penjelasan singkat mengenai struktur kimia yang dijadikan desain aplikasi tempelan kaos sehingga dapat dijadikan media edukasi dan dapat dibaca oleh siapa saja.
2.      Kami menggunakan tas kain daur ulang enceng gondok untuk packaging sehingga ramah lingkungan.
3.      Harga produk yang relatif murah, yaitu Rp 100.000,00 per kaos segala ukuran.

 

 

  

Gambar 4. Contoh Kaos Tampak Muka

 

 

  

Gambar 5. Contoh Kaos Tampak Belakang
 
G.1.2 Visi dan Misi Usaha
Visi : Menyumbangkan metode pembelajaran baru di dunia
pendidikan Indonesia
Misi : 1. Pembentukan industri home kreatif.
2. Penggunaan aplikasi tempelan eksotik struktur kimia
goyang wajah pada kaos sekaligus penjelasan singkatnya.
3. Harga yang kompetitif.
 
G.1.3 Tagline (Motto Produk)
Let’s Learn It
 
G.1.4 Logo Usaha

 

 
        
Gambar 6. Logo Produk “Chemoducation”
 
 
G.1.5 Struktur Organisasi Usaha
 
 
G.2. ANALISIS KOMPETENSI DAN PELUANG PASAR PRODUK
G.2.1 Pasar yang Dituju
 Pasar yang dituju penjualan kaos aplikasi eksotik struktur kimia goyang wajah berbasis edukasi adalah:
1.      Mahasiswa/i yang ada di wilayah Semarang.
2.      Siswa-siswa SMA dan SMP di wilayah Semarang.
3.      Masyarakat Semarang pada umumnya.
 
G.2.2 Risiko Kompetisi
            Risiko yang dihadapi adalah kaos aplikasi eksotik struktur kimia goyang wajah berbasis edukasi merupakan produk baru yang membutuhkan banyak marketing brand. Strategi untuk mensiasati resiko tersebut  adalah kami akan berlaku sebagaitrendsetter pengguna kaos aplikasi eksotik struktur kimia goyang wajah berbasis edukasi yang kami produksi.
 
G.2.3 Perspektif Masa Depan Usaha
            Mempunyai beberapa cabang pemasaran di berbagai daerah di Jawa Tengah dan menguasai 5 persen pasar sandang di wilayah Semarang pada termin lima bulan pertama pengembangan usaha. Mempunyai omset yang terus meningkat dengan peningkatan 10 persen tiap tahunnya.
 
G.2.4 Analisis Keuangan
            Analisis keuangan untuk usaha kaos aplikasi eksotik struktur kimia goyang wajah berbasis edukasi ditampilkan dalam cash flow di bawah ini :
Tabel 1. Cash Flow Usaha Selama 5 Bulan Pertama
No.
Uraian
Bulan Ke-
Jumlah (Rp)
1
2
3
4
5
1.
Modal
8.300.000
 
 
 
 
8.300.000
2.
Pembelian Alat
5.525.000
 
 
 
 
5.525.000
3.
Biaya Produksi
 
 
 
 
 
 
 
*Pembelian  Bahan
2.325.000
 
 
 
 
2.325.000
 
*Listrik
100.000
 
 
 
 
100.000
 
*Pengemasan
200.000
 
 
 
 
200.000
 
* Transportasi
50.000
 
 
 
 
50.000
4.
Promosi
100.000
 
 
 
 
100.000
5.
Penjualan Produk
 
 
 
 
10.000.000
10.000.000
6.
Biaya Balik Modal
 
 
 
 
8.300.000
8.300.000
7.
Biaya Bersih
 
 
 
 
 
1.700.000
 
            Dalam perhitungan cash flow ini biaya yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.      Harga bahan baku habis pakai selama 5 bulan = Rp 2.325.000,00.
2.      Harga peralatan tidak habis pakai selama 5 bulan = Rp 5.525.000,00.
            Kapasitas produksi untuk jangka waktu 5 bulan adalah kurang lebih 100 buah kaos. Dengan pengembangan omset, pada bulan-bulan berikutnya (tergantung pesanan konsumen).
 
A.    METODE PELAKSANAAN
Usaha “Chemoducation untuk tahap perealisasian ide menjadi sebuah bisnis membutuhkan waktu kurang lebih selama 5 bulan. Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.      Tahap Persiapan
Dalam tahap persiapan kami melakukan:
Ø  Pembuatan flowchart pengolahan bahan baku menjadi produk yang unik dan menarik.
Ø  Membuat daftar semua alat dan bahan yang akan diperlukan dalam usaha  “Chemoducation.
Ø  Pembelian alat dan bahan yang telah direncanakan.
Ø  Pembuatan modul dan SOP (Standar Operasi Produk) “Chemoducation.
2.      Tahap Pelaksanaan
 
 
 

Gambar 7Flowchart Pembuatan Kaos

3.      Tahap Pemasaran
          Sebelum kami menawarkan produk “Chemoducation kepada masyarakat, kami telah merumuskan beberapa hal yang dapat menunjang perkembangan usaha ini dimasa depan.
Ø  Pola distribusi
“Chemoducation berpusat di galeri yang akan kami dirikan di pusat kota. Sebelumnya kami akan memproduksi skala kecil sebagai awalan. Untuk tempat produksi sementara kami gunakan kos-kosan kami.
Ø  Promosi
Dalam pemasaran produk “Chemoducation, kami menggunakan dua metode yaitu online dan offline. Untuk online, kami akan menjual produk melalui komunitas bisnis onlinemisalnya www.alibaba.com dan www.tokobagus.com sehingga pada saatnya nanti kami akan membuat web pribadi untuk perusahaan kami.
 
B.     JADWAL KEGIATAN
Tabel 2. Jadwal Kegiatan PKM-K
No
Kegiatan
Bulan
1
2
3
4
5
1
Pembelian peralatan, perlengkapan dan bahan
 
 
 
 
 
2
Produksi skala terbatas
 
 
 
 
 
3
Membangun jaringan
 
 
 
 
 
4
Pemasaran offline (konsinyasi)
 
 
 
 
 
5
Produksi skala besar
 
 
 
 
 
6
Pemasaran online
 
 
 
 
 
7
Penyusunan laporan
 
 
 
 
 


C.    RANCANGAN BIAYA
No.
Uraian
Biaya (Rp)
1.
Bahan Habis Pakai
Tinta
Benang hitam ukuran kecil            10 x   1500
Dakron 30×30 cm                          20 x   2500
Kain 1×1 m                                      4 x 15000
Kaos putih polos                         100 x  20000
 
  200000
    15000
    50000
    60000
2000000
 
JUMLAH
2325000
2.
Peralatan Penunjang
Mesin jahit
Mesin sablon digital
Gunting                                          2 x   4000
Penggaris                                        2 x   3500
Pensil kain                                      2 x   5000
 
1500000
4000000
      8000
      7000
    10000
 
JUMLAH
5525000
3.
Biaya Perjalanan
Transportasi distribusi di kawasan Semarang
 
    50000
 
JUMLAH
    50000
4.
Biaya Promosi
Pamflet                                         100 x   1000
 
  100000
 
JUMLAH
  100000
5.
Baiaya Utilitas
Listrik
 
  100000
 
JUMLAH
  100000
6.
Pengemasan
Tas enceng gondok A4                100 x   2000
 
200000
 
JUMLAH
  200000
 
TOTAL (1+2+3+4+5+6)
8300000
 
 
Nama   : Sugiarti Norvia
TTL     : Semarang, 28 November 1992
Alamat :Jalan Mintojiwo Dalam 1 nomor 26 Semarang
No.HP : 085740554054
 e-mail : norvia.sn@gmail.com
Mengetahui,
 
Sugiarti Norvia
NIM. 24030110130052
Biodata Dosen Pendamping 
Nama Lengkap            : Nor Basid A. Prasetya, S.Si., M.Sc
Jabatan / Gol./ NIP      :198112022005011002
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Alamat                         : Jalan Dinar Mas XII/01 rt 03 rw 16 Perumahan Dinar
Mas, Meteseh, Tembalang
Telepon                        : 08156645157
Mengetahui,
 
Nor Basid A. Prasetya, S.Si., M.Sc
NIP.198112022005011002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s